Jumat, 15 April 2016


Lingkungan pemasaran global ditandai dengan berbagai macam trend yaitu:
1. Berkembangannya perekonomian global dengan berbagai karakterisitk seperti:
* Perdagangan barang berkembang jauh lebih pesat dibandingkan produksi dunia.
* Perpindahan modal (investasi langsung asing) berkembang lebih cepat daripada perdagangan barang.

* Semakin terbukanya berbagai perekonomian nasional (seperti RRC)
* Pemulihan ekonomi negara berkembang yang sebelumnya terkena krisis ekonomi (Asia).

2. Kekuatan politik yang mengarah pada struktur perdagangan bebas global dari integrasi regional.
3. Kekuatan penawaran dan permintaan bercirikan terbentangnya peluang untuk berkembang dalam pasar global, perkembangan teknologi yang sangat pesat, dan mobilitas modal serta manusia yang semakin tinggi.

Lingkungan Ekonomi Global
1. Sistem perekonomian
Secara garis besar ada tiga tipe : kapitalis, sosialis dan campuran.
* Sistem alokasi pasar
Mengandalkan konsumen dalam mengalokasikan sumber daya. konsumen yang menyusun rencana ekonomi dengan jalan menentukan apa yang harus diproduksi oleh siapa.
* Sistem alokasi berdasarkan perintah
Pemerintah berkuasa penuh dalam rangka melayani kepentingan publik
* Sistem campuran
Sebenarnya tidak ada sistem aloaksi pasar atau pemerintah yang murni. semua sistem pasar mempunyai sektor pemerintah dan sektor pasar.

2. Tahap-tahap perkembangan pasar
Berdasarkan GNP perkapita, maka tahap perkembangan pasar global di klasifikasikan menjadi 5 kategori yang sangat bermanfaat sebagai basis segmentasi pasar dan targeting.
a. Negara Berpenghasilan rendah
* Industrialisasi terbatas pada presentasi tinggi penduduk dengan pekerjaan dalam sektor pertanian tinggi.
* Tingkat kelahiran tinggi
* Tingkat melek rendah
* Sangat tergantung pada bantuan luar negeri
* Politik tidak stabil dan banyak terjadi gejolak

b. Negara Berpenghasilan menengah kebawah ( negara berkembang)
* Berada pada tahap awal industrialisasi
* Mulai banyak didirikan pabrik

c. Negara Berpenghasilan menengah atas ( negara industry baru)
* Persentase penduduk yang bekerja di sektor pertanian menurun
* Tingkat melek huruf dan pendidikan tinggi
* Ada peningkatan upah

3. 4 faktor utama pemicu globalisasi
a. Faktor pelanggan (customers)
* Kesamaan kebutuhan konsumen
* Pelanggan global, konsumen yang membutuhkan produk atau jasa yang sama diberbagai negara
b. Faktor biaya ( cost drivers)
c. Faktor negara (country drivers)
d. Faktor persaingan

Sumber : http://dwihandoko20.blogspot.co.id/2014/12/lingkungan-pemasaran-global.html

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Manajemen Pemasaran Global

Stie Cendekia Bojonegoro

Stie Cendekia Bojonegoro
Stie Cendekia Bojonegoro

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.